Tips Mencegah Stres pada Wanita Karir yang menjadi Ibu Rumah Tangga

Tips Mencegah Stres pada Wanita Karir yang menjadi Ibu Rumah Tangga

exposedthought.com – Masa industrialis telah mengubah peta sosial masyarakat dunia. Ketika industri membutuhkan lebih banyak tenaga kerja, maka ketersediaan wanita untuk mengisi ruang yang ada menjadi suatu hal yang wajar. Ditambah peningkatan kemampuan ekonomi membuat tawaran wanita bekerja sangat menggiurkan. Hal ini terus terjadi hingga saat ini dimana, wanita bekerja kerap kali juga seorang ibu di rumah. Tuntutan ekonomi hingga ego pengaktualisasian diri menjadi dasar seorang ibu tetap bekerja. Sedang yang lain lebih kepada luangnya waktu yang bisa dimanfaatkan sehingga bernilai lebih ekonomis.

Namun tidak mudah mengubah kebiasaan dari seorang wanita karir menjadi wanita domestik dengan keterbatasan akses dan lingkungan. Di awal-awal perubahan  biasanya diikuti dengan tingkat stress yang meningkat. Untuk para wanita yang kembali ke peran ibu rumah tangga, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalkan stress dan menikmati peran yang baru.

  1. Mempelajari tugas keseharian

Beberapa wanita karir bahkan tidak terbiasa dengan tugas domestik. Sehingga diawal, kita perlu mempelajari tugas-tugas yang akan kita akrabi ke depannya. Mulai dari mencari informasi dari teman atau googling untuk menentukan bagaimana tugas domestik ini akan kita lakukan secara efektif. Juga untuk mendapatkan saran yang bermanfaat sehingga tugas domestik yang terkesan monoton dapat dijalani dan terasa menyenangkan.

  1. Tidak melupakan teman lama

Teman lama yang mengenal kita dengan baik akan membantu kita melewati masa-masa transisi dari dunia yang lebih luas menjadi dunia domestik yang selama ini hanya kita saksikan melalui orang-orang tua kita. Kehadiran teman ini juga membantu untuk menjadi sumber informasi sehingga kita masih bisa terhubung dan mendapatkan wawasan mengenai hal-hal yang menarik di luar sana.

  1. Mencari teman baru

Sehubungan dengan dunia baru yang akan kita geluti, akan lebih baik kalau kita juga mencari teman yang sejalan dengan dunia baru ini. Sehingga kita memiliki rekan seperjuangan dan tempat untuk bertukar saran untuk sesuatu hal yang masih baru. Hal ini juga bertujuan untuk mencari lingkungan baru yang sesuai agar tidak merasa sendirian menjalani peran domestik.

  1. Membuat jadwal

Jadwal ini penting untuk membuat kita fokus dan terarah. Seperti halnya pada masa bekerja, di mana kita memiliki agenda-agenda yang harus diselesaikan, dunia domestik juga membutuhkan pengaturan jadwal untuk membantu mengarahkan kita dan mencegah stress dengan ragam pekerjaan monoton yang seakan tak pernah selesai..

  1. Menyisihkan waktu untuk diri sendiri

Setiap orang membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Hal ini berguna untuk menjaga kestabilan mood dan mental sehingga siap menghadapi perjuangan dunia domestik. Waktu untuk diri sendiri ini dapat berupa melakukan hobi seperti melakukan travelling, pergi ke salon untuk merilekskan diri, hingga sekedar berkumpul bersama teman baik dan membahas apa saja. Waktu untuk diri sendiri terbukti memberikan manfaat yang besar karena kita akan merasakan pentingnya prioritas dalam hidup. Namun jangan sampai kita larut dalam kegiatan ini dan mengabaikan tugas domestic yang sudah menjadi pilihan kita.

Ibu bekerja atau ibu rumah tangga merupakan sebuah pilihan dengan segala konsekuensinya. Sehingga tidak ada yang salah atau benar dalam hal ini. Setelah memilih, penting bagi kita untuk menjaga komitmen agar tidak mengganggu kestabilan mental anggota keluarga yang lain. Karena seperti kata pepatah, uang dapat dicari, tapi keluarga hanya saat ini. Selamat menikmati masa-masa bersama keluarga!